Mengenal Usman Bin Affan, Dari Riwayat Hidup Sampai 3 Sifat Terkenalnya


Sosok seorang Khalifah pengganti Umar bin Khattab dengan julukan Zun Nurain dan salah satu golongan yang pertama masuk Islam (Assabiqunal Awwalun).

Siapakah dia?

Dialah Usman bin Affan.

Mari kita mengenal Usman bin Affan.

Riwayat Hidup Usman bin Affan

Usman lahir di kota Thaif pada tahun 574 masehi. 3 tahun lebih muda dari Nabi Muhammad SAW. Ayahnya bernama Affan bin Abu Al-Ash adalah saudagar terkenal yang sangat kaya. Sedangkan Ibunya bernama Arwa binti Kuris bin Rabiah.

Kedua orang tuanya berasal dari keturunan Bani Umayyah yang terkenal sebagai keturunan kaya.

Jadi, sejak kecil Usman hidup dalam lingkungan keluarga yang beradab.

"Karena keberadaannya inilah, keluarga Usman disegani dikalangan orang Quraisy."

Sejak kecil sampai dewasa, Usman sudah dididik untuk berdagang ke Syam dan Hira bersama pedagang lain dari Suku Quraisy. Sebagai anak keturunan bangsawan yang kaya, selain dididik cara berdagang, Usman juga mendapat didikan Budi pekerti yang mulia dari kedua orang tuanya.

Oleh karena itu, Usman menjadi orang yang terkenal dan terhormat dikalangan orang Quraisy.

Setelah menginjak dewasa, Usman menjadi saudagar kaya. Dengan kedudukannya itu, beliau selalu menjauhi perilaku tercela yang dilakukan Suku Quraisy. Dalam hal kepercayaan, Usman tidak pernah mengikuti Suku Quraisy untuk menyembah berhala.

Usman mulai mengenal Islam lewat Abu Bakar As-siddiq. Melalui beliau juga, Usman mengenal pribadi Nabi Muhammad SAW. Pada akhirnya Usman bin Affan tertarik dengan ajaran Nabi Muhammad SAW dan menyatakan masuk Islam.

Usman bin Affan merasa senang dapat dipertemukan langsung dengan Rasulullah SAW dan semakin mantap untuk belajar tentang Islam dan ajaran yang disampaikan oleh Rasulullah SAW. Sejak itu, Usman tidak bisa dipisahkan dari perjuangan menegakan Agama Islam.

Usman merupakan keturunan Bani umayyah yang pertama masuk Islam, padahal saat itu Bani ummayyah sangat memusuhi Nabi dan Agama Islam.

Di sisi Nabi, Usman adalah sahabat dekat sekaligus keluarga. Karena dia juga menantu Rasulullah SAW dari Dua putri beliau.

Usman menikah dengan Ruqayyah binti Nabi Muhammad SAW. Namun kemudian Ruqayyah meninggal. Lalu Rasullulah SAW menikahkan lagi Usman bin Affan dengan putri beliau yang bernama Ummu kultsum.

Karena menikahi dua putri nabi, Usman dijuluki sebagai Zun Nurain artinya orang yang memiliki dua cahaya.

Kedudukan Usman yang beliau mulia disisi nabi membuatnya sangat dihormati kaum muslimin. Dua Khalifah sebelumnya, yakni Abu Bakar dan Umar, Senantiasa menempatkan Usman sebagai penasihat utama. Pendapatnya selalu didengar dan diperhatikan.

"Karena kemuliaannya itu, Usman ditunjuk oleh Umar bin Khattab sebagai salah satu anggota dewan Syura. Lewat dewan Syura, Usman bin Affan diangkat sebagai Khalifah ketiga setelah Abu Bakar As-sidiq dan Umar bin Khattab."

Sifat Dan Kepribadian Usman Bin Affan

Usman bin Affan adalah sahabat mulia yang mendapat kabar gembira yaitu masuk surga dari Rasulullah SAW. Usman memiliki sifat dan kepribadian yang berbeda dengan para sahabat yang lainnya.

Diantara Sifat dan kepribadian yang menjadi keistimewaan beliau adalah Sbb.

  • Sifat Pemalu


Usman dikenal dengan sifatnya yang lemah lembut. Perkataannya sangat halus dan juga seorang laki-laki yang sangat pemalu.

Karena sifatnya yang lemah lembut, Usman dicintai oleh banyak orang, dia memiliki banyak teman.

"Sementara sifat pemalu membuat dia sangat disegani."

  • Dermawan


Usman bin Affan adalah orang yang sangat dermawan. Tidak seorangpun dari orang Quraisy yang lebih dermawan darinya. Kekayaan yang melimpah tidak menjadikan dirinya kikir. Justru kekayaannya itu digunakan sepenuhnya di jalan Allah SWT.

Sebagai contoh, pada saat umat Islam hijrah ke Madinah, Usman menyumbangkan sebagian besar hartanya untuk membiayai perjalanan para sahabatnya.

Saat perang tabuk, Usman mendermakan 950 ekor unta dan 70 ekor kuda, ditambah 1000 dirham yang nilainya sama dengan sepertiga biaya perang tersebut.

"Pada saat pemerintahan Abu bakar, Usman juga pernah memberikan gandum yang diangkut dengan 1000 unta untuk membantu kaum miskin yang menderita di musim kemarau."

  • Setia dan Berbudi Mulia


Kesetiaan Usman bin Affan kepada Allah dan rasulnya tidak perlu diragukan lagi. Beliau adalah Assabiqunal Awwalun yang telah mengalami gangguan dan siksaan dalam memeluk Islam.

Sebagai contoh, pada peristiwa Hudaibiyah, Usman diutus Nabi Muhammad SAW menemui orang-orang kafir Quraisy di Mekah meskipun nyawa taruhannya.

Apakah kamu termasuk orang yang mengamalkan sifat Usman bin Affan ?

Posting Komentar

4 Komentar